Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2014-04-14 | Waktu : 00:36:43
30 Tahun FDK IAIN SU Segera Lahirkan Jurnalistik Islam MEDAN

30 Tahun FDK IAIN SU Segera Lahirkan Jurnalistik Islam MEDAN

(FDK)-Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Institut Agama Islam Sumatera Utara semakin mengembangkan sayapnya. Dalam waktu dekat ini segera muncul lagi program studi baru berupa Jurnalistik Islam, Teknologi Informasi, Manajemen Haji dan Umroh.

Lahirnya beberapa Prodi baru di FDK tersebut sebagai upaya untuk memenuhi tuntutan masyarakat baik itu pemilik institusi / lembaga maupun calon mahasiswa, dan sekaligus dalam menjawab persoalan dakwah Islam yang semakin konflik. Keberadaan Prodi Jurnalistik Islam tentunya sangat diharapkan untuk melawan pola pemberitaan yang selama ini cendrung kapitalis, bertentengan dengan prinsip ajaran Islam, dan pers yang cendrung mendiskreditkan Islam.

Fakultas Dakwah, sejak 15 Maret 2013 telah berubah namanya menjadi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Perubahan tersebut berdasarkan peraturan Menteri Agama RI, Nomor 14 Tahun 2013, kata Dekan, Dr H Abdullah, MSi pada acara Temu Alumni dan Peringatan 30 Tahun FDK, di Kampus Jalan Williem Medan Estate. Dijelaskannya, sejak tahun 1987,hingga saat ini FDK telah mengelolah 4 jurusan/Prodi,yaitu jurusan komunikasi dan penyiaran Islam,jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI),Jurusan Manajemen Dakwah dan jurusan Bimbingam Penyuluhan Islam (BPI).

Dan untuk Pengembangan FDK ,saat ini sedang dipersiapkan tugas prodi baru yaitu Manajemen Haji dan Umrah,Teknologi Informasi,dan Jurnalistik Islam. Saat ini FDK memiliki mahasiswa 284 orang,36 orang mahasiswa negeri Jiran Malaysia. Jumlah dosen tetap 69 orang (30 orang di antara nya adalah alumni FDK IAIN-SU). Dari 69 orang Dosen tetap 6 orang di antaranya Guru Besar, 7 orang Doktor, 35 orang sedang Studi S3. Selan itu, FDK memiliki 15 orang tenaga administrasi,satu kabag dan 4 kusubag. Sedangkan jumlah alumni FDK 2.465 orang, namun yang baru terhimpun dalam satu buku hanya 815 orang.
Sejak tahun 1983-2013 atau selama 30 tahun ,FDK telah di pimpin oleh delapan orang Dekan,tiga di antaranya PJ (Pejabat Dekan), tahun 1983-1986 Pj.Dekan Drs.H.Hasbi AR,Wkl Dekan Drs.Mohd Hatta, tahun 1986-1986 pj.Dekan Drs.H.Harun Harahap,Wkl Dekan Drs.Mohd Hatta, tahun 1987-1988 Pj.Dekan Drs.H.Nazri Adlani,Wkl Dekan Drs.Mohd Hatta, tahun 1988-1991,Dekan Prof. Dr. H. Mohd Hatta,Wkl.1.Drs. Syansuddury Harahap, wkl Dekan II, Dra. Hj. Yusnani, M.Ag, Wkl. Dekan III Drs. H. Thoharuddin, AG., tahu 1991-1997, Dekan Prof. Dr. H. Ali Yakub Matondang, tahun 1997-2005, Dekan Prof. Dr. H. Asmuni, M.Ag, tahun 2005-2011, Dekan Prof. Dr. H. IIhamuddin, M.A dan 2011-2015, Dekan Dr. H. Abdullah, M.Si. Sementara alumni yang dihasilkan mencapai 2,465 orang , para alumni bekerja dalam berbagai bidang atau profesi, antara lain TNI/POLRI, PNS, muballigh, politikus, jurnalis, dan dunia bisnis. Dalam Kesempatan Peringatan 30 Tahun FDK, kita harus meningkatkan kesyukuran kepada Allah dan berterimakasih kepada para Pj.Dekan dan para Dekan, Wakil.

Dekan yang telah berjasa memimpin dan membangun Fakultas Dakwah Sejak berdiri hingga saat ini. Kepada Dua Pj.Dekan yang telah kembali kepada Allah yakni Drs. H. Hasbi AR dan Drs. H. Harun Harahap. “ Kita doakan semoga Allah menerima karya dan amal kebaikannya,mengampuni kesalahan mereka di lapangkan kubur nya dan semoga kelak ditempatkan dalam syurga Jannatun Na’im,”ucapnya di hadapan ratusan alumni yang hadir. Abdullah juga mengucapkan terimakasih kepada para dekan, wakil dekan/Pembantu Dekan/Ketua Jurusan,Sekretaris Jurusan,Kepala Laboratorium,kabag,kusubag,Para pegawai dan Dosen yang selama ini telah memimpin,bekerja,dan mengabdi untuk Fakultas Dakwah dan Komunikasi, baik yang sudah pensiun/mutasi dari FDK maupun yang masih aktif. TEKS FOTO :Letkol CAJ Drs H Muhammad Zaid dari Mabes TNI, Kompol Syaiful Bustami Lubis, SAg, Wakapolres Sabang ) Rektor : FDK Jadi Favorit di IAIN SU MEDAN (FDK)-Rektor Prof Dr Nur Ahmad Fadhil Lubis mengakui bahwa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) kini menjadi fakultas terfavorit di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN-SU), karena mampu membuat terobosan dengan melahirkan sejumlah program studi yang memang menjadi kebutuhan masyarakat. “Saya mendukung FDK agar mengembangkan jurusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, ”begitu kata Rektor pada peringatan 30 tahun FDK dan temu alumni, di kampus Jalan Williem Iskandar, baru-baru ini.

Hadir pada pertemuan, mantan Rektor Prof Dr H a Ya’kub Matondang, Mantan Pembantu Rektor Prof Dr M Hatta, para mantan dekan FDK, dan ratusan alumni di antaranya Letkol CAJ Drs H Muhammad Zaid dari Mabes TNI, Kompol Syaiful Bustami Lubis, SAg, Wakapolres Sabang, anggota DPRD Sumut Isma Fadhli, Redaktur Harian Topkota, Drs A Rasyid, MA, petinggi FDK Drs Sahdin Hsb, MAg (Wakil Dekan I), Drs Al As’ari, MA (Wakil Dekan II) dan Drs Abdurrahman, MSi (Wakil Dekan III).
Menurut rektor, selama ini kurikulum yang dibuat FDK mampu memberi dasar bagi para lulusan untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai lingkup pekerjaan termasuk menjadi bankir. ‘Saya optimis ada tiga bidang rumpun ilmu yang bisa dikembangkan di FDK yakni rumpun ilmu agama, rumpun ilmu komunikasi, dan rumpun ilmu pengembangan masyarakat,”kata rector.

Di hadapan ratusan alumni dan mahasiswa FDK yang hadir dia, juga mengingatkan kiat untuk menjadi sukses adalah apabila mampu memiliki IPK akademis yang baik, dan memiliki kemampuan menjalin silaturrahim dengan berbagai pihak. Dengan memperbanyak kawan tentu akan membantu untuk mendapatkan karir yang baik dalam dunia pekerjaan, kata rector alumni UCLA itu. Pada kesempatan itu Fadhil Lubis mengungkapkan, keberhasilan serta kemajuan perguruan tinggi bisa dicapai maksimal karena dukungan dari alumniya terutama yang telah mengabdi di berbagai bidang, sebab almamater merupakan ibu kandung alumni. Karena ikatan almamater yang kuat itu, sehingga ketika ada kepentingan almamamternya di pemerintahan maka alumni akan memberikan dukungan sepenuhnya agar proses berjalan baik dan lancar.

“Misalnya ketika proses usulan IAIN SU untuk dikonversi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), karena ada alumninya menjadi wakil rakyat di Senayan ikut memberikan kemudahan dan dukungan,” kata Rektor Mantan Dekan FDK Prof Dr M Hatta, MA mengingatkan untuk membangun FDK menjadi favorit di lingkungan kampus terlebih dahulu harus membangun kebersamnaan di kalangan pimpinan FDK dan termasuk juga di kalangan mahasiswa. Hatta berharap FDK bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang begitu besar, dan para alumni juga harus menunjukkan jati dirinya sebagai dai yang bertugas menyeru kepada kebaikan dan mencegah perbuatan munkar. “Alumni FDK harus bisa menggarami dimanapun dia berada,”begitu kata Hatta yang juga Ketua MUI kota Medan itu.(rel)