Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2014-04-14 | Waktu : 00:43:15
Dekan FDK IAIN SU : Mahasiswa Harus Jadi Pelaku Bisnis

Mahasiswa Harus Jadi Pelaku Bisnis

MEDAN | FDK - Para mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Sumut diingatkan kembali untuk merubah mindset, tidak lagi berpikiran untuk  bercita-cita menjadi pegawai negeri, tetapi harus bisa menjadi pelaku bisnis. Sebab dengan bisnis bisa membuat seseorang jauh lebih sukses, ketimbang berada pada posisi PNS.

“Peluang kerja  dan kesuksesan cukup besar di dunia bisnis,  sebab 80 persen dari penghasilan yang diperoleh masyarakat dihabiskan untuk belanja kebutuhan hidup sehari-hari, hanya 20 persen saja yang disimpan,”kata Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) IAIN Sumut Dr H Abdullah , MSi diwakili Pembantu Dekan III Drs Rahman, MPd ketika meresmikan Media Online FDK dan sekaligus  stadium general dengan tema Mari Berwirausaha :Cara Cepat  Untuk Kaya dan Masuk Syurga, Rabu, lalu di kampus Jalan williem Iskandar Medan Estate.

Posisi pebisnis dalam Islam juga dipandang cukup mulia, sebab Nabi Muhammad SAW juga seorang pebisnis yang tangguh, ucap dekan lagi, seraya menyatakan bahwa Allah SWT lebih banyak membukakan rezeki itu berada pada dunia bisnis.

Dekan juga menyatakan bahwa selama ini persaudaran dalam Islam hanya dibangun berdasarkan iman semata tetapi tidak dibangun lewat bisnis. Padahal persaudaraan Islam itu juga bisa dibangun lewat hubungan bisnis. Selama ini yang terjadi, umat Islam lebih banyak membantu bisnis yang non muslim, sehingga mereka menjadi kaya, dan umat Islam terus semakin miskin.
Kalau saja umat Islam kompak dengan jumlah yang mayoritas, tentu saja pasar bisnis akan dikuasai umat Islam, dan sudah pasti umat Islam tidak ada lagi   hidupnya melarat dalam kemiskinan, kata dekan.
Tidak Sebelah Mata
Dekan juga pada kesempatan itu mengklaim bahwa keberadaan FDK IAIN SU tidak lagi dipandang sebelah mata, sebab sudah banyak alumninya yang berhasil merebut berbagai posisi penting di berbagai daerah, misalnya ada yang menjadi Dirut PDAM, Kepala cabang Bank Syariah,  menjadi pebisnis  yang sukses, dan juga  politikus yang handal.

Mahasiswa FDK harus  mau membuka mata untuk melirik peluang lain, selain menunggu-nunggu menjadi PNS, ucap dekan lagi.
Saat ini juga FDK IAIN SU terus mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi penulis yang handal, menjadi jurnalis yang handal. Karena itu FDK IAIN SU membuka media online agar para mahasiswa dapat memanfaatkan media ini untuk terus melatih diri dan berkreasi dalam pem buatan berita.

Dengan semakin tumbuhnya media massa pasca reformasi ini, membuat peluang kerja bagi lulusan FDK IAIN juga semakin besar, khususnya untuk menjadi jurnalis.
Pengusaan dunia bisnis dan pengusaan media massa sama pentingnya bagi pengembangan dakwah Islamiyah, tambah dekan lagi di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir.
Dekan juga mencontohkan bahwa keberhasilan Yahudi mengusai dunia ini, karena kemampuan mereka mengusaia dunia bisnis khususnya perbankan dan kemampuan mereka mengusai mass media.
“Sekarang ini saat mahasiswa FDK menoleh ke dunia bisnis dan menoleh ke dunia jurnalis,”ujar Rahman mewakili dekan.(R)