Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2014-04-14 | Waktu : 00:56:55
Studium General Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN SU

Studium General Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Sumatera Utara 

Fakultas Dakwah IAIN SU mengadakan Stadium General yang diperuntukan untuk mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN SU, tepatnya pada hari Selasa (26/3) di Aula lantai II IAIN SU. Acara ini dimulai pukul 10.00-12.00 WIB dan diisi oleh dua pembicara yaitu : Prof. Nur Ahmad Fadhil Lubis selaku Rektor IAIN SU) dan Drs. H. Surya Makmur Nasution selaku wartawan kompas, anggota DPRD Prov.Kepulauan Riau sekaligus sebagai narasumber. Peserta yang datang di acara Stadium General ini begitu ramai, pasalnya tidak ada biaya yang harus mereka keluarkan.

Acara yang bertemakan “Jurnalistik Pers dan Politik : Peranan Alumni Fakultas Dakwah Mengembangkan Jurnalistik Profetik” ini sebagai pilar demokrasi terhadap perwujudan lahirnya pers di Indonesia. Pemateri banyak menyinggung jejak perkembangan pers dan kebebasan pers. Pemateri juga menekankan bahwa kebebasan pers merupakan hak kedaulatan rakyat, masyarakat berhak tau (right to know) terhadap peristiwa politik, isu negara dan lain sebagainya. Pers juga sebagai media yang memberitahukan idealisme kebenaran yang dicari.

Drs. H. Surya Makmur Nasution mengemukakan tujuan diadakannya acara ini, “Untuk menumbuhkembangkan ilmu jurnalistik. Sebenarnya jurnalistik sangat dekat dengan mahasiswa. Dengan adanya jurnalistik, mahasiswa mampu mendorong peningkatan akademiknya di kampus maupun enterpreneur di luar kampus. Selain itu, mahasiswa mendapatkan dua keuntungan yaitu membaca dan menulis, karena jurnalistik harus disertai dengan membaca dan meriset apa yang nantinya mereka cari”.

Selanjutnya beliau juga memaparkan harapannya untuk LPM kampus yang ada di Medan ini, “Harus mempunyai karya jurnalistik yang penyajiannya disampaikan secara profesional dan inovatif sehingga diminati oleh lapisan masyarakat kampus,” tutupnya.

Reporter : Raden Fadli Daulay, Kharina Ananda Sebayang
Fotograper : As’ari
Editor : Nurul Hilmah