Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2015-03-05 | Waktu : 12:48:35
FDK UIN-SU, Komitmen Dengan Panca Kinerja & Etika Kerja

FDK UIN-SU, Komitmen Dengan Panca Kinerja & Etika Kerja

Seiring perubahan IAIN-SU menjadi UIN-SU, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN-SU terus melakukan perubahan dalam peningkatan performance-nya. Salah satu agenda penting yang terus digagas adalah peningkatan kinerja sivitas akademika FDK UIN-SU. Dekan FDK UIN-SU Prof. Dr. Abdullah, M.Si mengatakan, sesungguhnya kinerja merupakan seperangkat hasil yang dicapai dan merujuk pada tindakan pencapaian serta pelaksanaan sesuatu pekerjaan yang diminta. Ini menjadi pengembangan tata kelola dalam meningkatkan hasil kerja FDK UIN-SU disesuaikan dengan tuntutan dari world class university. Kinerja yang baik akan meningkatkan kepuasan dan mempengaruhi tingkat competitiv advantage, disinilah terlihat betapa dinamisnya FDK UIN-SU. Oleh karenanya dosen - pegawai semakin dituntut untuk memiliki kompetensi sebagai ukuran dari berkinerja atau tidak berkinerja-nya dan kinerja tersebut harus terkristal dalam Key Performance Indikators yang menjadi keharusan dan ditempatkan bagian dari rencana strategis FDK UIN-SU

            Dekan menegaskan, dalam hal peningkatan kinerja FDK UIN-SU telah merumuskan Panca Kinerja dan Etika Kerja. Dua hal ini dijadikan indikator memaksimalkan profesionalitas sekaligus menjadi spirit membangun FDK UIN-SU. Panca Kinerja yang dimaksud adalah: (1). Peningkatan disiplin kerja dan disiplin perkuliahan. (2). Peningkatan kualitas pelayanan dan ketertiban administrasi akademik. (3). Peningkatan produktivitas, etos kerja dan budaya kerja. (4). Peningkatan mutu akademik. (5). Peningkatan realisasi kerja sama. Untuk memperkuat Panca Kinerja sebagai landasan dasar juga dirumuskan Etika Kerja sebagai landasan operasional dan dinamika dari landasan dasar, yakni: (1). Jujur, disiplin dan bertanggung jawab. (2). Cinta pekerjaan dan komunikatif. (3). Sungguh-sungguh dan profesional dalam bekerja. (4). Bekerja sama dan saling menghargai. (5). Responsive, sabar dan cermat dalam melayani.

Menurut Prof. Dr. Abdullah, M.Si, jika di analisis Panca Kinerja dan Etika Kerja memberikan makna philosofis yang dalam, mengajarkan akan pentingnya disiplin kerja serta disiplin perkuliahan. Rumusan ini adalah pondasi kegiatan dari proses belajar – mengajar, kesiapan tenaga kependidikan untuk melakukan pelayanan prima terhadap dosen dan mahasiswa. Mulai dari pembagian jadwal perkuliahan kepada dosen, menginformasikan ruang kuliah - praktikum, menyediakan absen mahasiswa serta adanya informasi - informasi terkait dengan kepentingan mahasiswa, dan pekerjaan - pekerjaan lainnya. Panca Kinerja mendorong tenaga kependidikan bertanggung jawab sesuai dengan uraian tugas masing-masing sehinga terlihat peningkatan produktivitas sebagai hasil kerja nyata. Panca Kinerja juga menegaskan peningkatan produktivitas sivitas akademika yang harus memiliki semangat kerja dan kebiasaan kerja sesuai dengan aturan yang berlaku, paling penting adalah kesadaran bagi dosen – pegawai bertanggung jawab dengan uraian tugasnya masing-masing terukur, terencana  dan tidak timpang tindih.

Selanjutnya Dekan FDK UIN-SU berharap, Panca Kinerja dan Etika Kerja akan menjadi simpul yang kuat dalam membangun – mengembangkan FDK UIN-SU. Panca Kinerja dan Etika Kerja memberikan ruh pentingnya kinerja yang baik serta memotivasi komitmen tinggi untuk mengerjakan serta mengetahui pekerjaan-nya. Tanpa memahami dan mengimplementasikan Panca Kinerja dan Etika Kerja, kerja yang  profesional – terintegritas tidak akan tercapai di FDK UIN-SU.