Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2015-03-27 | Waktu : 09:03:05
SARJANA KPI HARUS PROFESIONAL

Metro TV di FDK UINSU : 

SARJANA KPI HARUS PROFESIONAL

Medan (Waspada): Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) melaksanakan workshop broadcasting TV kepada 40 mahasiswa KPI, Jum’at (20/03). 

Dekan FDK UIN SU Prof.Dr.Abdullah, M.Si,  dalam acara pembukaan, menilai kegiatan workshop ini sangat penting dan strategis bagi prodi KPI, sebab sesuai dengan visi, fakultas dan program studi mempunyai sasaran untuk menghasilkan sarjana yang profesional dan berakhlak. Ciri sarjana yang profesional menurut Dekan FDK sekaligus pakar ilmu dakwah ini yaitu: Pertama, menguasai bidang keilmuan masing-masing. Kedua, memiliki skill atau keahlian pada bidangnya. Ketiga, dapat hidup layak dalam bidangnya tersebut. Untuk itu, FDK UIN SU akan bermitra dengan semua pihak termasuk juga dengan MetroTV. 

Ketua panitia sekaligus ketua prodi KPI Rubino, MA mengatakan tujuan dilaksanakannya workshop ini yakni untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa dalam bidang broadcasting terutama di TV, sehingga outputnya diharapkan mahasiswa memiliki wawasan yang luas bukan hanya aspek teoretis tetapi juga aspek praktis, serta memiliki kompetensi dalam bidang broadcasting dan juga bidang reportase. 

Narasumber dalam kegiatan ini dari MetroTV Sumatera Utara yakni Usrizal Pulungan S.Sos, MH selaku koordinator liputan dan M.Harizal, SH selaku kontributor. Menurut mereka, ada enam tahap dalam sebuah proses peliputan di media TV: Pertama, proses mencari dan mendapatkan informasi dari berbagai sumber baik dari instansi sipil, militer, warga, maupun dari sesama jurnalis. Kedua, melakukan koordinasi baik dengan koordinator liputan maupun dengan orang-orang yang ada di lokasi, agar diketahui aktivitas liputan dan situasi lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan komunikasi. Ketiga, melakukan pengambilan gambar. Keempat, melakukan editing terhadap hasil liputan dan hasil pengambilan gambar. Kelima, membuat naskah untuk mempertegas gambar yang diambil dan menjelaskan berbagai hal yang tidak mungkin untuk dituangkan dalam gambar. Proses keenam yaitu melakukan pengiriman gambar dan naskah melalui satellite, internet, dan lain-lain. 

Selain memberikan materi tentang proses peliputan di media TV, para narasumber juga melatih peserta untuk menjadi reporter dan membawa mereka melihat langsung proses peliputan  melalui mobil satelit yang  disediakan pihak Metro TV. 

Workshop dipandu oleh Joko Susanto, M.I.Kom. Selain diikuti oleh mahasiswa, kegiatan tersebut juga diikuti oleh dosen dan staf FDK UIN SU yakni Ahmad Tamrin Sikumbang, MA, Abdul Karim Batubara, MA, Nurhanifah,MA, Winda Kustiawan, MA, Indi Tri Asti, S.Sos.I, Liana Hutapea, S.Sos. I, dan Fahriza Arif Hsb, S.Kom.