Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2015-04-23 | Waktu : 10:57:22
FDK UIN SU BERDAYAKAN DESA BINAAN LAKSANAKAN PELATIHAN BILAL MAYIT

Dalam rangka penguatan agama masyarakat maka Fakultas Dakwah dan Komunikasi  (FDK) UIN Sumatera Utara bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Mesjid Kecamatan Batang Kuis laksanakan Pelatihan Bilal Mayit. Kegiatan ini  dilaksanakan  tanggal  11 April 2015 bertempat di Majid Al-Huda desa Mesjid.

Dekan FDK UIN-SU Prof Dr. H. Abdullah M.Si pada saat membuka acara pelatihan mengatakan,  Salah satu Konsep dakwah adalah peningkatan pengembangan sumberdaya manusia (human resources development) melalui pendekatan pembinaan mental, dan penguatan spritual agama masyarakat. Langkah utama agar masyarakat menyadari arti pentingnya pembangunan spritual dan pemantapan nilai-nilai agama maka perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat.

Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang fardhu kipayah adalah pelatihan bilal mayit, karena dalam  pelaksanaan pelatihan ini potensi masyarakat  dapat diberdayakan  sehingga  mereka dapat memandikan, mengkafani, mensalatkan dan mengebumikan jenazah sesuai dengan ajaran Islam. Kegiatan pelatihan seperti ini memang cukup sederhana, namun perlu keberanian dan keseriusan, karena dalam praktiknya peserta diminta untuk menjadi relawan pelaksanaan fardu kifayah secara langsung. Hanya dengan keberanian dan keseriusanlah sehingga peserta  menjadi relawan pelatihan secara bergantian.

Drs. Efi Brata Madya,M.Si selaku ketua panitia mengatakan, pelatihan bilal mayit ini diikuti oleh para bilal dan masyarakat yang berada di Kecamatan Batang Kuis sebanyak 40 orang dan sebagai narasumber  adalah: Prof. Dr. H. Abdullah, M.Si  denga judul “Urgensi ilmu fardhu kifayah bagi umat Islam”, Drs. H. Sokon Saragih, M.Ag  dan Dra. Misrah, M.Ag   melaksanakan praktik bilal mayit. Tujuan dilaksanakan pelatihan ini menurut Drs. Efi Brata Madya, M.Si adalah  agar masyarakat mampu mengurus fardhu kifayah di dusunnya dan minimal di keluarganya masing-masing sesuai dengan syariat Islam.

M. Yahya selaku Pj Kepala Desa Mesjid pada saat menutup acara pelatihan bilal mayit mengatakan, Saya sangat berterima kasih kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara yang mau bekerjasama dengan pemerintahan Desa Mesjid. Efek dari pelatihan ini  saya  dan  masyarakat Desa Mesjid mendapat pencerahan  tentang mengurus jenazah sesuai dengan ajaran Islam. Pelatihan seperti ini seharusnya dilakukan juga ke desa lain,  agar masyarakat Islam di Deli Serdang  lebih mandiri mengurus fardhu kipayah di keluarganya masing-masing ungkapnya.