Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2015-09-08 | Waktu : 12:56:08
TRADISI BARU OPAK DI FDK UINSU

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sumatera Utara mengadakan kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2015/2016, yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 27 s/d 29 Agustus 2015, pukul 08.00-17.00 Wib di kampus jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate.

            Kegiatan dibuka oleh pelaksana tugas (Plt) Dekan FDK Drs. Abdurrahman YZ, M.Pd, didampingi oleh ketua panitia Drs. Efi Brata Madya, M.Si, dan sekretaris Ahmad Tamrin Sikumbang, MA, serta para instruktur yang terdiri dari mahasiswa pengurus Demaf, Semaf dan HMJ. Drs. Abdurrahman YZ, M.Pd dalam kata sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut mengatakan bahwa Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) adalah kegiatan pengenalan kampus yang meliputi sistem pendidikan, perkuliahan, lingkungan fisik maupun pelayanan dan dukungan yang tersedia, serta membekali mahasiswa baru dengan komitmen keilmuan, moral akademik dan ketrampilan untuk meraih kesuksesan dalam pendidikannya di UIN Sumatera Utara, khususnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi. “Saat ini adik-adik sudah menjadi mahasiswa, karena itu lakukanlah perubahan dalam cara berpikir (mindset), jangan lagi anda berpikir dan bertindak kampungan meskipun anda berasal dari kampung”, ungkap beliau.

            Drs. Abdurrahman YZ, M.Pd lebih lanjut menegaskan bahwa kegiatan orientasi kali ini harus dilakukan dengan baik. Dalam ketentuan yang baru, kegiatan tidak boleh dalam bentuk perploncoan, sebab dikhawatirkan dapat menimbulkan sesuatu yang tidak diharapkan. Kegiatan harus dilaksanakan dengan mengedepankan pendekatan yang kondusif, persuasif, edukatif, dan bermoral. Siapapun tidak diperbolehkan melakukan pengutipan terhadap mahasiswa baru dengan alasan apapun. Sesuatu atau hal baru yang harus dilakukan dalam kegiatan ini adalah bahwa kegiatan harus diawali dengan melaksanakan sholat Dhuha berjamaah yang diikuti oleh semua peserta yang tidak berhalangan. “Alhamdulillah, di hari pertama kegiatan mahasiswa baru FDK telah melakukan sholat dhuha berjamaah. Demikian pula pada dua hari berikutnya. Sholat dhuha berjamaah ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dari semenjak awal diadakannya kegiatan semacam ini di UIN Sumatera Utara”, terang Rahman YZ.

            Sebelumnya ketua panitia Drs. Efi Brata Madya, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan orientasi diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi, berjumlah hampir empat ratus orang, terdiri dari enam program studi yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Manejemen Dakwah (MD), Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Ilmu Komunikasi (Ikom) dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (Ikesma). Program studi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat merupakan dua program studi baru yang berada di FDK UINSU.  Beliau mengharapkan kiranya “OPAK Tahun Akademik 2015/2016 ini adalah OPAK yang berkualitas, dan benar-benar mengutamakan dan mencerminkan nilai-nilai keteladanan dan bernuansa akademis”, ungkap Efi Brata Madya, M.Si. (ats).