Pengembangan Dakwah dan Komunikasi, FDK UIN Sumatera Utara Menghadiri Kegiatan FORDAKOM 2023

Mataram (9/8). Perhelatan tahunan yang digelar oleh Forum Dekanat Dakwah dan Komunikasi (FORDAKOM) Se-Indonesia di Mataram, berlokasi di Hotel Merumatta, Senggigi, Lombok. 79 Orang peserta yang berasal dari berbagai Daerah turut hadir dalam pembukaan FORDAKOM 2023.

Dalam kesempatan ini, Hadir Direktur Diktis Kementerian Agama RI diwakili oleh Kasubdit Pengembangan Mutu Akademik, Muhammad Khairul Rifai, M.Pd.I, Ketua FORDAKOM Dr. H. Achmad Syarifuddin, MA., Rektor UIN Mataram yang diwakilkan oleh Wakil Rektor III UIN Mataram Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.Ag, Ketua Senat UIN Mataram, Presidium Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam (PABKI) Dr. Aep Kusnawan, M.Ag., CPCE. Para Dekan Fakultas Dakwah Se-Indonesia, Ketua Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) atau Bimbingan Konseling Islam (BKI) Se-Indonesia.

“Tema yang dipilih yaitu The Development of Da’wa and Communication Sciences in the Era of Society 5.0 sangat pas dan tepat secara lokal maupun fordakom, karena dunia kita sedang gegap gempitanya media sosial. Anak-anak generasi Z atau Generasi Strowberry dapat dipastikan memiliki beberapa aplikasi media sosial. Ini merupakan tantangan kita menjadikan media sosial dan media daring lainnya menjadi media dakwah. Dan praktisi dakwah harus masuk dan mengisi media sosial dengan konten-konten dakwah” ujar Dr. H. Achmad Syarifuddin, MA. Dalam sambutannya.

Sambungnya, “saat ini Arificial Intelgensi (AI) saat ini sedang menggantikan peran manusia. Jangan-jangan nantinya fardu kifayah digantikan dengan AI atau Robot”.

Dr. Aep Kusnawan mengucapkan terima kasih kepada Para Dekan Fakultas Dakwah Se-Indonesia, telah memberikan kami kesempatan ikut dalam Kegiatan FORDAKOM tahun 2023. “Selama setahun ini kami melaksanakan kegiatan secara online saja. Disamping dikesempatan ini juga kami berterima kasih karena dapat melakukan Pelantikan Pengurus PABKI 2022-2027 hasil Kongres di Makassar dan Rapat Kerja untuk merumuskan kegiatan-kegiatan PABKI untuk periode yang akan datang.” Ujar Dr. Aep Kusnawa, M.Ag. CPCE dalam kata sambutannya.

Sambungnya, “PABKI usianya masih muda, namun dengan kebersamaan dari Aceh sampai Papua dapat memberikan perasa, warna, dan merekatkan kebangsaan ini melalui peran PABKI”.

Wakil Rektor III UIN Mataram dalam sambutannya memberikan nasehat terkait pelaksanaan kegiatan FORDAKOM Tahun 2023 ini. Nasehatnya sesuai sajak suku sasak dan perkataan Imam Syafii. “Hidup ini ada 2 waktu, ada waktu aman dan waktu berperang. Sesuai dengan sajak Suku Sasak, waktu di bawah, ibarat sedang berperang. Lihatlah laut, begitu banyak di atas laut itu bangkai-bangkai, namun di bawah laut Mutiara-mutiara tidak terkontaminasi. Mutiara tetap mejadi Mutiara. Agar hati manusia tidak terkontaminasi, maka dengan menjadikan ilmu dan hati seluas lautan” ujar Wakil Rektor III UIN Mataram Dr. H. Subhan Abdullah Acim, M.Ag dalam sambutannya.

Direktur Diktis Kementerian Agama berpesan pada FORDAKOM agar bisa hadir dan dakwah secara keilmuan secara budaya dan peradaban di media-media. “Dakwah di Media Sosial yang dikuasai oleh generasi Z belum tampak. Persentasenya masih rendah.” Ujar Muhammad Khairul Rifai, M.Pd.I Kasubdit Penjaminan Mutu Diktis Kemenag.

Lanjut Gus Rifai, “Penguatan dakwah yang moderat dengan harapan islam yang ramah hadir dimasyarakat. Kita tidak bisa melawan teknologi. Namun kita bisa mengisi media untuk mengendalikan konten dalam media daring yang lebih cepat penyebarannya dan dampaknya.” Setelah memberikan kata sambutan, secara resmi Kasubdit Penjaminan Mutu Diktis Kemenag membuka acara FORDAKOM Tahun 2023 secara resmi.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan Pelantikan Pengurus Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam (PABKI) Periode 2022-2023 yang dibacakan oleh Dr. Aep Kusnawan, M.Ag. CPCE dan dilantik oleh Prof. Dr. H. M. Bahri Ghozali, MA. Dan Prof. Dr. Casmini, M.Pd. sebagai Penasehat PABKI. Serta pelantikan Perkumpulan Ahli Manajemen Haji Umrah (PAMHU) Periode 2022-2023 yang dibacakan oleh Dr. H. Andi Abdul Hamzah, Lc., MA. Dan dilantik oleh Ketua FORDAKOM Dr. H. Achmad Syarifuddin, MA.