Realisasi MoU: FDK UIN Sumatera Utara, USU, dan UDA Berkolaborasi Lakukan Penelitian

Samosir (12/8) – FDK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Darma Agung (UDA) melakukan kolaborasi penelitian yang bertajuk “Eksplorasi dan Eksistensi Kearifan Lokal sebagai Strategi Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Samosir.” Penelitian ini dilaksanakan dalam skema Penelitian Kerjasama Dalam Negeri (PKDN) program Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) tahun anggaran 2023 secara multiyears selama 3 tahun. Penelitian dilakukan berdasarkan pengumuman Diksi No: 0793/D4/AL.04/2023

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami potensi kearifan lokal di Kabupaten Samosir dan merumuskan strategi yang dapat mendorong pembangunan pariwisata berkelanjutan di daerah tersebut. Dalam konteks ini, UINSU khususnya FDK, USU, dan UDA bekerjasama dalam mengkolaborasikan pengetahuan akademik dan keahlian multidisiplin dari ketiga universitas guna menghasilkan pemahaman yang mendalam tentang kekayaan budaya masyarakat lokal yang dapat menjadi basis pengembangan pariwisata.

Ilham Mirzaya Putra, SE, M.Si, Peneliti UINSU, menyatakan, “Kolaborasi ini merupakan realisasi MoU dan langkah konkret dalam menerapkan konsep pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Melalui eksplorasi kearifan lokal, kami berharap dapat mengidentifikasi peluang baru yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal dan lingkungan.”

Selama penelitian berlangsung, tim peneliti dari tiga universitas bekerja bersama dengan berbagai pihak di Kabupaten Samosir, termasuk pemerintah daerah, tokoh masyarakat, pemangku kepentingan lokal, dan praktisi pariwisata. Peneliti melakukan survei lapangan, wawancara mendalam, observasi, penelusuran dokumen, FGD, dan analisis data untuk merumuskan rekomendasi yang dapat diimplementasikan dalam program pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Drs. Jhonson Pardosi, M.Si, Ph.D, Peneliti USU, mengungkapkan, “Kami sangat antusias dengan peluang untuk berkontribusi pada pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di Kabupaten Samosir. Penelitian ini adalah wujud nyata kolaborasi antaruniversitas dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Nantinya, penelitian ini memiliki luaran berupa buku, HKI, Publikasi artikel internasional, dan Policy Brief yang diharapkan memberikan manfaat untuk masyarakat.”

Kolaborasi ini juga diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi penduduk lokal dan ekosistem Kabupaten Samosir, serta menjadi contoh bagaimana universitas dapat berperan dalam upaya-upaya pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal.