Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-10-11 | Waktu : 15:37:10
MENYONSONG 70 TAHUN PROF. DR. MOHD HATTA “FDK UIN SU AKAN LUNCURKAN BUKU DAKWAH”

Pada pertengahan tahun 2020, Prof. Dr. Mohd. Hatta selaku guru besar Ilmu Dakwah pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU akan genap berusia 70 tahun. Untuk menyongsong hal tersebut, FDK UIN SU akan meluncurkan buku dakwah yang berjudul “Metodologi Dakwah Membangun Peradaban”. Gagasan peluncuran buku dakwah tersebut disampaikan dalam pertemuan makan siang di rumah makan di Medan beberapa waktu yang lalu (Rabu, 11 Oktober 2019).

Dekan FDK UIN SU, Dr. Soiman, MA dalam pertemuan tersebut menyatakan bahwa rencana peluncuran buku Metodologi Dakwah Membangun Peradaban adalah salah satu bentuk apresiasi sivitas akademika FDK UIN SU terhadap Prof. Dr. Mohd. Hatta yang telah banyak berjasa membangun dan mendedikasikan ilmunya untuk FDK UINSU dari tahun 1983 sampai saat ini. Dekan FDK juga berharap, buku tersebut dapat diselesaikan pada akhir tahun 2019 ini. Oleh karena itu, kepada Tim pengelola dan juga Tim penulis beliau berharap agar dapat sesegera mungkin mempersiapkan dan menyelesaikannya.     

Prof. Dr. Mohd. Hatta yang hadir dalam kesempatan tersebut, menyambut baik rencana kegiatan peluncuran buku tersebut. Ketua MUI Medan ini berharap buku yang akan diluncurkan kali ini, tidak lagi membicarakan otobiografi dirinya, tetapi lebih kepada metodologi praktis dalam berdakwah, misalnya bagaimana berdakwah dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin dan bagaimana berdakwah dalam membangun peradaban, dalam tinjauan berbagai disiplin ilmu misalnya sejarah peradaban Islam, fiqh, ilmu komunikasi, konseling, ilmu dakwah, dll.

Harapan lain Mohd. Hatta, yang juga selaku ketua Senat UIN SU, agar FDK UIN SU memiliki laboratorium dakwah, yang dapat melahirkan konsep dan model dakwah serta panduan-panduan dakwah yang dapat dipergunakan oleh para dai baik di Sumatera Utara maupun luar Sumatera Utara. Bahkan harapan Ketua Forum Senat UIN se-Indonesia ini juga, FDK UIN SU bisa manjadi tempat konsultasi baik para dai maupun umat terkait masalah-masalah dakwah dan keumatan.

Selanjutnya, Prof. Dr. Abdullah, M.Si, selaku ketua tim pengelola dan penulis merencanakan buku Metodologi Dakwah Membangun Peradaban tersebut akan ditulis oleh para dosen FDK UIN SU, alumni baik yang di dalam kota maupun di luar kota Medan, dan juga akademisi yang punya perhatian terhadap dakwah. Isi buku tersebut menurut beliau nantinya akan mengkaji tentang metodologi dakwah secara teoritis dan  aplikasi dakwah dalam berbagai aspeknya.

Hadir dalam pertemuan tersebut beberapa tim pengelola dan tim penulis di antaranya Dr. Abdurrahman, M.Pd, Dr. Rubino, MA, Dr. Hasnun Jauhari Ritonga, MA, Dr. Muaz Tanjung, MA, Dr. Nispul Khoiri, M.Ag, Dr. Ahmad Tamrin Sikumbang, MA, Dr. Zainun, MA, Dr. Hasrat Effendi, MA, Dr. Mailin, MA, dan Dr. Khatibah, MA.