Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2020-12-19 | Waktu : 12:03:28
Pelantikan Wakil Dekan FDK UINSU Periode 2020-2024

Medan, (UIN Sumut)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Prof Dr H Syahrin Harahap, MA menyampaikan, dalam menjalankan perguruan tinggi fokus yang paling utama adalah menghasilkan lulusan atau alumni yang berkualitas sesuai harapan bersama. Untuk itu, diperlukan empat komponen yang harus ditingkatkan yaitu dosen, tenaga kependidikan, sarana prasarana dan orang-orang yang diberi tugas tambahan.

“Tugas kita di UIN Sumut ini tujuannya satu, yaitu menghasilkan produk yaitu alumni atau lulusan yang baik sesuai yang kita harapkan. Mewujudkan itu dengan empat komponen tersebut,” ujar Prof Syahrin saat pelantikan Wakil Dekan di delapan fakultas UIN Sumut, Wakil Direktur Pascasarjana dan sejumlah Ketua Pusat, Kepala Lembaga serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di kampus Islam ini. Pelantikan digelar khidmat di aula utama kampus II Jalan Willem Iskandar Medan, Rabu (16/12).

Rektor merinci empat komponen dimaksud merupakan unsur penting penggerak jika diibaratkan UIN Sumut sebagai mesin, Prof Syahrin menegaskan bagian penting penggerak tersebut khususnya menghasilkan lulusan berkualitas adalah dosen. “Komponen utama di mesin ini adalah dosen, dosen dan dosen. Unsur lainnya membantu dosen agar menghasilkan alumni atau lulusan yang baik. Maka tidak ada tujuan lain kecuali untuk membangun dosen, komponen tenaga kependidikan atau pegawai membantu dan mendukung,” katanya.

Terkait sarana prasarana kampus yang tersedia, Prof Syahrin menjelaskan segala fasilitas tersebut diperuntukkan kelancaran dosen dalam tugas. Kemudian, bagi orang-orang yang diberikan jabatan tambahan, ia menegaskan bahwa agar para pejabat merupakan pelayan dosen.

“Kita bukanlah atasan dosen, tapi kita adalah pelayan dosen, jangan pernah menyombongkan diri depan dosen, sebab tugas kita adalah melayani, membantu dosen dalam rangka menghasilkan alumni dan lulusan terbaik yang secara formulatif kita simpulkan dengan ulul albab dan kader bangsa, sesuai gagasan wahdatul ulum,” urai rektor.

Di akhir amanahnya, rektor bersama pimpinan kampus menyampaikan selamat dan mendoakan agar pengabdian dituntun Allah SWT untuk menjalankan amanah sesuai pesan yang terkandung di dalamnya. Rektor mengarahkan kepada pejabat yang dilantik agar bekerja secara silent (senyap) namun tetap berbuat perubahan yang nyata sehingga biar kenyataan yang berbicara kepada masyarakat.

Dalam pelantikan tersebut, Prof Syahrin melantik sebanyak 24 Wakil Dekan di delapan fakultas UIN Sumut, diantaranya dari FDK yaitu Wakil Dekan Bidang Akademik & Kelembagaan : Dr. Rubino, MA,  Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan & Keuangan : Dr. Syawaluddin Nasution, MA, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama : Dr. Muaz Tanjung, MA.

Prosesi pelantikan dimulai dengan pembacaan SK, dilanjutkan khotbah pelantikan dibawakan rohaniwan, pembacaan sumpah jabatan dan pengucapan fakta integritas pejabat dipimpin Dr Amar Adly, MA. (snj)