Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2021-05-01 | Waktu : 22:05:10
Sharing Session Peningkatan Akreditasi Jurnal

(Medan_FDK) Akselerasi peningkatan akreditasi dan reputasi jurnal ilmiah terus digiatkan kepada semua unit yang memiliki jurnal ilmiah untuk serius dalam pengelolaannya ke depan sehingga akan berdampak pada peningkatan Akreditasi dan Reputasi jurnal tersebut serta tentunya sangat berkontribusi dalam meningkatkan Reputasi UIN SU. Oleh sebab itu, kegiatan pelatihan terus dilakukan lewat sharing season yang dihadiri Dekan FDK, Prof. Dr. Lahmuddin, M.Ed, Wakil Dekan I Dr. Rubino, MA dan narasumber Reviewer Scopus / Kapuslit UIN SU Cand. Dr. Muhammad Irwan Padli Nasution, MM bersama para pengelola jurnal ilmiah FDK UIN SU, di Aula FDK (19/4)

FDK UIN SU sebagai pengelola program studi mulai dari level Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3) juga telah memiliki jurnal ilmiah pada setiap program studinya, Sudah ada sebanyak 6 jurnal ilmiah online aktif di lingkungan FDK UIN SU yaitu: “1. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2. Jurnal Komunika Islamika, 3. Jurnal Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Keagamaan, 4. Jurnal An-Nadwah, 5. Jurnal Al-idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen dan 6. Jurnal Al-Balagh. 

Cand. Dr. Muhammad Irwan Padli Nasution, MM menyampaikan sudah ada dua jurnal ilmiah yang sudah terakreditasi masing-masing SINTA-4 dan SINTA- 5 yaitu: “Jurnal Pemberdayaan Masyarakat” dan “Jurnal Komunikas Islamika” yang diharapkan mampu naik peringkat. Sementara itu, Jurnal Consilium yang saat ini sedang dalam proses Akreditasi Jurnal Nasional diperkirakan juga berpeluang mendapat akreditasi SINTA-2. Diperlukan skala prioritas dan peruntukan yang jelas dalam pengelolaan ke-6 jurnal ilmiah tersebut karena terbatasnya SDM jurnal di FDK UINSU.

Cand. Dr. Muhammad Irwan Padli Nasution, MM menambahkan dapat menerapkan kebijakan untuk tugas-tugas mahasiswa dari dosen yang ouputnya dapat dipublikasikan ke jurnal ilmiah nasional dan harus ada jurnal ilmiah yang menjadi prioritas untuk ditargetkan peningkatan akreditasi dan reputasinya bahkan harus ada jurnal ilmiah yang menjadi pilot project sampai terindex ke SCOPUS, sehingga tata kelola yang profesional sangat dibutuhkan. Tentunya FDK UIN SU harus terus mensosialisasikan dan konsisten melaksanakan peraturan tentang kewajiban publikasi mahasiswanya, hal ini sangat diperlukan untuk berkontribusi langsung terhadap akreditasi dan peningkatan peringkat/rangking UIN SU, ujar Cand. Dr. Irwan Nasution, MM.