Tingkatkan Publikasi, FDK Gelar Workshop Nasional Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi

Medan (10/8) – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sumatera Utara Medan menggelar Workshop Nasional dengan tema “Strategi Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara FDK UIN Sumatera Utara Medan dan Doktor Inter-Religious Studies, Universitas Gadjah Mada . Kegiatan Webinar ini dilaksanakan di Aula Jabal Noor, Asarama Haji Medan.

Dekan FDK UINSU Medan, Dr. Hasan Sazali, M.Ag dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan bahwa kegiatan workshop ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan jumlah publikasi dosen FDK di jurnal internasional bereputasi. Diharapkan kegiatan workshop tersebut mampu memberikan manfaat yang luas bagi dosen khususnya dalam menggunakan model analisis data berbasis aplikasi. Lebih lanjut, Dr. Hasan Sazali, M.Ag juga menyampaikan bahwa workshop tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan Dakwah Dan Pembangunan Peradaban series yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Sementara itu ketua panitia, sekaligus Wakil Dekan I FDK, Dr. Hasnun Jauhari Ritonga, MA, menjelaskan bahwa tujuan Workshop Nasional tersebut adalah untuk menggeliatkan publikasi para dosen di fakultas sehingga mampu meningkatkan rekognisi dosen dan akreditasi program studi. “Kegiatan ini dilatarbelakangi pentingnya publikasi ilmiah bagi dosen, sehingga kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan. Terima kasih kepada seluruh pihak dan para dosen yang telah mensukseskan kegiatan ini.” Jelas  ketua panitia, Dr. Hasnun Jauhari Ritonga, MA

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Dicky Sofjan, M.PP., M.A., Ph.D, yang aktif di Indonesian Concortium fo Religious Studies (ICRS) Universitas Gadjah Mada. Dalam pemaparannya, Ia menyampaikan tentang State of The Art Methods & Techniques in Reserarch serta State of the Art Grant Proposal Writing. “Be mindful when building your argument and be specific in how you write” jelas Dicky Sofjan, M.PP., M.A., Ph.D

Usai pemaparan materi, sejumlah peserta antusias dalam menyampaikan pertanyaan baik teknik penulisan, metode analisis, maupun strategi publikasi. Kegiatan workshop sebagai bagian dari kegiatan dakwah dan pembangunan seri #3 berlangsung lancar dan ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada narasumber. (imp)