Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sumatera Utara menggelar rapat kerja (raker) selama tiga hari, 06-08 Juni 2023 di Hotel Siantar Prapat, Kabupaten Simalungun. Rapat Kerja yang mengusung tema “Penguatan Tata Kelola Menuju UINSU yang Unggul” dihadiri jajaran pimpinan, para dosen, dan tendik di lingkungan FDK.
Kegiatan rapat kerja FDK dilaksanakan untuk merumuskan langkah-langkah strategis program Fakultas Dakwah dan Komunikasi demi meningkatkan akreditasi dan penguatan tata kelola Hal ini disinggung Wakil Dekan (WD) II, Dr. Syawaluddin Nasution, M.Ag pada saat menyampaikan sambutan ketua panitia. “Rapat kerja merupakan agenda rutin FDK., untuk mengevaluasi program kerja di masala lalu dan merencanakan agenda di masa mendatang”, jelas Dr. Syawaluddin Nasution, M.Ag.
Rapat kerja memberi ruang untuk mengevaluasi dan menyampaikan ide-ide konstruktif bagi program kerja FDK. Oleh karena itu, Dekan FDK, Prof. Dr. Lahmuddin, M.Ed dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan rapat menyampaikan, “Disiplin merupakan kunci dari pencapaian prestasi kerja, maka setiap agenda yang kita laksanakan harus bermuara pada prestasi kerja dengan meningkatkan disiplin. Prestasi kerja yang akan kita capai diantaranya adalah peningkatan akreditasi dan kualitas SDM”.
Selanjutnya, Dekan FDK, Prof. Dr. Lahmuddin, M.Ed juga menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih atas kerjasama yang dilaksanakan selamat 2 tahun lebih. “Siapapun yang melanjutkan estafet kepemimpinan dan amanah di FDK diharapkan mampu melanjukan dan meningkatkan capaian yang telah diperoleh pada periode ini dan kita tidak boleh meninggalkan catatan merah atau PR bagi kepemimpinan selanjutnya”. Acara pembukaan rapat kerja ditutup dengan doa yang diipimpin oleh Dr. Muniruddin, M.Ag.
Sesi rapat dilanjutkan dengan uraian evaluasi kinerja dan konsolidasi program kerja tahun 2022 oleh Wakil Dekan I, Dr. Rubino, MA, Wakil Dekan II, Dr. Syawaluddin Nasution, Mag, Wakil Dekan III, Dr. Muaz Tanjung, MA, Ketua Prodi S3 KPI, Dr. Ahmad Thamrin Sikumbang, MA, Ketua Prodi S2 KPI, Dr. Mailin, MA, Ketua Prodi S1 KPI, Dr. Irma Yusriani Simamora, MA, Ketua Prodi BPI, Dr. Zainun, MA, Ketua Prodi PMI, Dr. Annaisaburi Nasution, MA, Ketua Prodi MD, Dr. Hasnun Jauhari Ritonga, MA, dan Kepala Laboratorium, Dr. Elfiyanti Ritonga, MA,
Dalam pemaparannya, Wakil Dekan I, Dr. Rubino, MA menyampaikan tentang keharusan publikasi jurnal untuk kegiatan penelititan dan pengabdian yang dilakukan program studi, percepatan penyelesaikan akreditasi khususnya bagi S3 KPI, PDDIKTI, pengelolaan jurnal, panduan akademik mahasiswa, panduan ujian komprehensif dan prioritas kegiatan untuk mendukung akreditasi.
Selanjutnya, Wakil Dekan II, Dr. Syawaluddin Nasution, M.Ag menjelaskan tentang pengajuan kegiatan program studi yang dapat mendukung akreditasi, pembinaan SDM tenaga pendidik dan kependidikan, sosialisasi FDK ke negara ASEAN, serapan anggaran, bank data sebagai tanggung jawab bagian umum, dan absensi pegawai.
Sementara itu, Wakil Dekan III, Dr. Muaz Tanjung, MA menyampaikan tentang pelaksanaan kerjasama dengan beberapa PTKIN dan lembagai lain beserta realisasinya, roadmap penelitian dan pengabdian, DEMA, SEMA, pembinaan minat/bakat mahasiswa, dan implementasi pedoman suasasa akademik mahasiswa
Rapat pimpinan dilaksanakan di sela waktu rapat kerja guna membahas setiap usulan, evaluasi, dan program kerja sehingga diperoleh hasil yang lebih maksimal, terutama tentang perbaikan dan rekomendasi yang mungkin bisa diberikan kepada pemimpin FDK selanjutnya.
Pada saat berita ini diluncurkan adalah hari ke-2 Rapat kerja. Rapat Kerja direncanakan ditutup pada Kamis (7/6), setelah dilakukan kegiatan bersama untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan.