Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-04-02 | Waktu : 16:26:47
FDK UIN SU TERJUNKAN TIM SOSIALISASI

Menyosong tahun akademik 2019/2020 Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan, menerjunkan 5 tim sosialisasi ke sekolah-sekolah SMA, Madrasah Aliyah dan pesantren di beberapa kabupaten di Sumatera Utara dan Aceh yaitu MAN Rantau Prapat Labuhanbatu Induk, MAN Aek Natas Labuhanbatu Utara, MAS Islamiyah dan Pesatren Ahmadul Jariyah di Labuhanbatu Selatan, MAN Pandan Tapanuli Tengah, SMA Negeri 1 Babalan Langkat,  MAN 1, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan Pesantren Al Fatah Arif di Kota Cane Kabupaten Aceh Tenggara beberapa waktu yang lalu (Maret 2019).

Dekan FDK UIN SU, Dr. Soiman, MA menyatakan, sosialisasi merupakan kegiatan yang rutin dilakukan FDK setiap tahunnya menjelang  tahun akademi baru. Hal ini, untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada para siswa/siswi SMA, Madrasah Aliyah, dan pesantren mengenai FDK UIN SU, sebab masih banyak anggapan keliru dari mereka bahwa kuliah ke FDK UIN SU berarti harus pandai ceramah, sehingga muncul kekhawatiran dan ketakutan mereka untuk mendaftar di FDK UIN SU. Padahal menurut Dekan masih banyak lagi kompetensi yang dibangun dari mahasiswa FDK selain menjadi penceramah, seperti praktisi di media cetak dan elektronik, juru penerangan agama di instansi pemerintah dan swasta, konselor pada lembaga pendidikan, rumah sakit, lembaga pemasyarakatan,  dan lembaga pernikahan (KUA), manajer usaha mikro dan makro, konsultan pengelola lembaga keagamaan, entrepreneur, dan pekerja sosial di lembaga pemerintah dan swasta. Hal ini karena FDK UIN SU memiliki 4 program studi yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Manajemen Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), bahkan saat ini sedang proses pembukaan program studi baru yaitu program studi Jurnalistik Islam.

Lebih lanjut, Dekan FDK juga menyatakan, dengan kegiatan sosialisasi selain menghapus anggapan keliru siswa/siswi SMA, Madrasah Aliyah, dan persantren terhadap FDK UIN SU, juga diharapkan mereka termotivasi untuk mendaftarkan diri sehingga mereka mau menuntut ilmu dan mengembangkan diri di FDK UIN SU.

Untuk mendukung keberhasilan sosialisasi tersebut, tim yang diterjunkan selain unsur pimpinan yaitu dekan, para wakil dekan, ketua dan sekretaris jurusan, kepala laboratorium, kabag tata usaha, dan para kasubag, juga melibatkan para alumni FDK UIN SU setempat yang telah sukses di antaranya Drs. H. Saribun dan Putra Ibrahim Saleh, S.Sos.I di Kota Cane, H. Darmansyah, S.Ag di Labuhanbatu Induk. Semua tim diterima baik oleh kepala sekolah dan seluruh jajarannya. (rbn)