Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2015-02-26 | Waktu : 09:34:00
Ka. Lab Konseling sedang memberikan layanan bimbingan kelompak bagi mahasiswa Fak. Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU Optimalkan Laboratorium Konseling

            Bukanlah hidup namanya jika tidak menghadapi masalah. Namun setidaknya ada tiga cara manusia menghadapi masalah; pertama lari dari masalah, kedua menyelesaikan masalah dan ketiga mengupayakan agar tidak muncul masalah. Laboratorium konseling Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara satu diantara wadah yang hadir dalam rangka memberikan bantuan berupa layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling diperuntukkan bukan saja bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara tapi juga terbuka untuk mahasiswa di lingkungan UIN Sumatera Utara dan masyarakat.

            Kehadiran laboratorium konseling Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara diharapkan dapat membantu mahasiswa dan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahannya sehingga dia mengetahui dan memahami konsep dirinya, potensi yang dimiliki serta cara mengembangkannya.

Laboratorium tersebut membuka layanan bimbingan dan konseling pada setiap hari kerja, senin sampai jum’at pada jam kerja. Ada empat jenis layanan bimbingan dan konseling yang disediakan; layanan bimbingan dan konseling agama, akademik dan karir, individu dan keluarga serta konseling sosial.

            Laboratorium konseling Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara memiliki ruangan yang cukup nyaman dan diasuh oleh tenaga pembimbing yang profesional di bidangnya masing-masing. Disamping itu laboratorium ini juga ditopang oleh jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara yang menjadi mitra strategis dalam rangka pengembangan dan penguatan layanan bimbingan dan konseling.

            Diantara kegiatan kemitraan yang telah dilakukan, diantaranya melalukan studi banding pengelolaan konseling ke Universitas Syiah Kuala dan UIN ar-Raniry Banda Aceh. Penguatan kedalam dilakukan, disamping memberikan layanan konseling rutin juga telah melakukan dialog dalam bentuk orientasi karir  bagi mahasiswa dan calon sarjana. Penguatan praktikum mahasiswa dilakukan dengan melakukan kemitraan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara Medan. Demikian juga praktikum dilakukan dengan bermitra dengan rohaniawan Rumah Sakit Umum Haji Medan. Dalam bidang layanan keagamaan melakukan kemitraan dengan beberapa Kantor Urusan Agama Deli Serdang dan kota Medan. Dalam bidang kajian telah dilakukan orientasi pembuatan buku saku “Bank Masalah dan  Solusi”  yang diharapkan menjadi rujukan pintar konseling islami. Khusus dalam bidang profesi, telah melakukan pelatihan pengobatan tibbunnabawi melalui terapi rukyah syar’iyyah. Keseluruhan kegiatan ini diinspirasi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara Prof.Dr.H Abdullah, M.Si., yang sangat menekankan pentingnya layanan konseling bagi mahasiswa dan masyarakat perkotaan. Menurutnya terjadi peningkatan stres dan depresi bagi masyarakat kota dan industri. Faktornya antara lain akibat kemacetan, kurang terjamin keamanan, sikap individualistik dan kegersangan rohani. 

            Kedepan laboratorium konseling Fakultas Dakwah dan Komunikasai UIN Sumatera Utara akan terus melakukan kemitraan dan kerjasama. Penjajakan dan kerja sama dalam waktu dekat akan dilakukan dengan beberapa stakeholder diantaranya Rumah Sakit, Lembaga Pemasyarakatan, Komisi Perlindungan Anak, ormas Islam, dan media massa. Hal itu dilakukan menurut Muktarruddin, MA., selaku kepala laboratorium dalam rangka penguatan peran mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara di tengah masyarakat dan umat yang pada akhirnya akan melahirkan sarjana yang profesional dalam memberikan konseling sosial dan keagamaan berdasarkan ajaran Islam. Layanan bimbingan dan konseling Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan dapat juga diperoleh dengan mengirimkan surat ke alamat email:  labkonseling_fdkuinsu@yahoo.co.id