Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2015-05-15 | Waktu : 09:48:42
Dakwah Kewajiban Bersama

Penguatan pengetahuan dan pemahaman terhadap dakwah Islamiyah dipandang penting untuk diketahui oleh umat Islam. Hal ini disebabkan sosialisasi tentang kewajiban dakwah Islamiyah hanya diketahui oleh kalangan ustadz/mubaligh saja. Padahal dakwah Islamiyah merupakan tanggung jawab bersama bagi seluruh umat muslim. Hal ini dikemukakan oleh Prof. Dr. H. Abdullah, M.Si. selaku Dekan Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara sebagai narasumber pada dialog acara Kajian Tafsir Ayat-ayat Dakwah atas kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dengan TVRI Sumatera Utara pada tanggal 25 April 2015 pukul 17.00 s.d 18.00 wib.

 Lebih lanjut Prof. Dr. H. Abdullah, M.Si mengatakan bahwa Rasulullah Saw menjelaskan “barang siapa yang melihat kemungkaran maka cegahlah dengan kekuasaan/kekuatan, apabila tidak mampu cegahlah dengan lisan, dan apabila tidak mampu cegahlah dengan hati, hal itu merupakan selemah-lemahnya iman”. Inilah yang menandai dakwah merupakan tanggung jawab bersama setiap umat muslim. 

Ditambahkan Prof. Dr. Abdullah, M.Si. bahwa dakwah merupakan kewajiban setiap muslim. Hal ini sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an surat Ali Imran ayat 104 bahwa kata “minkum” dalam ayat tersebut pertama bermakna sebagai kewajiban setiap individu dan kedua kewajiban sebagian umat muslim. Umat muslim berkewajiban mengajak kepada “khoir” dan menyeru kepada yang “ma’ruf”. “Khoir” lebih bersifat universal.  “Khoir” artinya dakwah Islamiyah dapat disampaikan kepada seluruh umat manusia. Sedangkan “ma’ruf” bermakna spesifik, artinya dakwah  lebih diutamakan untuk kalangan internal umat muslim. Oleh karena itu dakwah harus dilaksanakan sekarang dan tidak menunggu hari esok. Umat muslim sekarang membutuhkan dakwah dan bersama-sama kita membumikan dakwah Islamiyah, demikian ungkap Prof. Dr. H. Abdullah, M.Si.

Selain itu Drs. Sahdin Hasibuan, M.Ag selaku Wakil Dekan I FDK UINSU sebagai  narasumber kedua mengatakan, bahwa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara memiliki empat Program Studi, yaitu Manajemen Dakwah (MD), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Bimbingan Penyuluhan Islam. Karena saat sekarang sudah menjadi Universitas, maka FDK UIN SU menambah Prodi baru yaitu Manajemen Haji dan Umroh.

Kegiatan kajian tafsir ayat-ayat dakwah di TVRI Sumut ini mendapat sambutan hangat dari pemirsa TVRI Sumut yang berada di rumah dengan bertanya langsung kepada kedua nara sumber tentang kegiatan dakwah Islamiyah yang ada di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU, siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Medan dan Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2 MODEL) Medan dan dipandu oleh host yang sudah dikenal Drs. Efi Brata Madya, M.Si.dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SU.