Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2015-09-08 | Waktu : 12:54:21
FDK UIN SU - METRO TV SUMUT : Jalin Kerjasama Siapkan Jurnalis Muda

Medan (Waspada): Dalam waktu dekat mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam FDK akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan jurnalistik  di Metro TV. Kegiatan ini sebagai lanjutan dari workshop broadcasting TV dan kehadiran Metro TV live di kampus FDK beberapa waktu lalu.

Pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU)  kunjungan ke MetroTV Sumut di Jl.Prof.H.M.Yamin Medan, Kamis (13/08) dalam rangka melakukan penandatangan kerjasama antara FDK dengan MetroTV. Pimpinan FDK beserta rombongan diterima langsung oleh Kepala Biro Bagian Sumut Risti Ayu, S.Ikom dan didampingi koordinator liputan Usrizal Pulungan, S.Sos, MH,  Kontributor M. Harizal, SH dan stringer Doni M. Dahlan, SH, MH.

            Dekan FDK UIN SU Prof.Dr.Abdullah, M.Si,  dalam sambutannya menyatakan, sebuah penghargaan bagi FDK karena MetroTV dapat hadir dan live di FDK pada beberapa waktu yang lalu. Media massa termasuk TV menurut beliau merupakan mitra FDK. FDK siap bermitra dengan MetroTV dan saling memanfaatkan sumber daya yang ada baik dari FDK maupun dari MetroTV. Pada saat ini FDK menurut Dekan sudah memiliki SDM yang memadai,  7 Profesor, 17 Doktor, 34 Kandidat Doktor, dan 12 magister. Selain itu, menurut Dekan, FDK memiliki kedekatan dengan media TV dan media massa lainnya sebab salah satu prodi di FDK yaitu prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), salah satu kompetensi mahasiswa yang ingin dicapai yaitu ahli dalam bidang jurnalis. Oleh karena itu, MetroTV dapat mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa tersebut dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa KPI untuk melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di MetroTV.    

            Kepala Biro MetroTV Sumut, Risti Ayu S.I.Kom menyambut baik kedatangan pimpinan FDK UINSU dan dalam sambutannya menyatakan, MetroTV Sumut siap membantu FDK untuk mencapai kompetensi mahasiswa menjadi tenaga jurnalis khususnya di TV, dan beliau memberi izin kepada mahasiswa KPI FDK UINSU untuk melakukan PPL di MetroTV. Selanjutnya, koordinator liputan MetroTV, Usrizal Pulungan S.Sos,MH menambahkan, FDK UINSU merupakan Perguruan Tinggi pertama yang datang ke MetroTV secara kelembagaan dan dengan perkembangan TV yang semakin pesat, diperlukan penguatan kompetensi mahasiswa dalam bidang TV termasuk mahasiswa KPI FDK UINSU sehingga mereka dapat menjadi jurnalis-jurnalis yang handal nantinya.   

            Selain melakukan kunjungan, pada pertemuan tersebut juga dilakukan penandatangan MoU antara FDK UINSU dengan MetroTV. MoU tersebut dalam rangka memanfaatkan kemampuan sumberdaya yang dimiliki oleh kedua belah pihak secara maksimal dan sebaik-baiknya, agar lebih berhasil dalam pengembangan kedua lembaga. Pada pertemuan tersebut Dekan FDK didampingi Wakil Dekan I Drs.Sahdin Hsb, M.Ag, Wakil Dekan III Drs.Abdurrahman, M.Pd, Ketua prodi KPI Rubino, MA, Ketua Prodi Manajemen Dakwah (MD) Drs.Soiman, MA, dan Staf Liana Hutapea, S.Sos.I.