Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2016-04-05 | Waktu : 13:15:35
Praktikum Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Siap Dimulai

Pelaksanaan praktikum Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FDK UINSU) telah dimulai. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan pembekalan peserta oleh seluruh dosen pamong yang dikoordinir oleh Kepala Laboratorium Muktarrudin, MA. Pembekalan ini dimulai dari tanggal 28 Maret – 4 April 2016. Beberapa materi praktikum yang dilaksanakan pada Semester Januari-Juni 2016 antara lain: Praktikum khutbah/ceramah diikuti sebanyak 249 mahasiswa, Praktikum konseling keluarga diikuti sebanyak 73 mahasiswa, Praktikum manasik haji dan umroh diikuti sebanyak 90 mahasiswa, dan praktikum Training of Trainers (ToT) pelatihan pengembangan masyarakat diikuti sebanyak 33 mahasiswa.

Dalam acara pembekalan, Kepala Laboratorium FDK UINSU mengatakan bahwa pembekalan ini diharapkan memberikan gambaran dan arah pelaksanaan praktikum berbasis aplikatif, langsung menyentuh, dan bermanfaat bagi masyarakat. Prof. Dr. Asmuni, M.Ag sebagai salah satu dosen pamong praktikum manasik haji dan umroh juga memaparkan mengenai pentingnya pelaksanaan praktikum tersebut, dan menyarankan kepada seluruh peserta agar banyak membaca, mengamalkan buku-buku, dan referensi yang berkaitan dengan pelaksanaan haji dan umroh, sebagai bekal mahasiswa nantinya.

Mewakili dosen praktikum konseling keluarga Drs. Abdurrahman, M.Pd juga menjelaskan sasaran dan cara pelaksanaan konseling keluarga yang lansung terjun ke masyarakat dengan menerapkan pelaksanaan layanan BK Pola 17 Plus yang telah dipelajari, sehingga diharapkan mahasiswa dapat memberikan pelayanan yang benar-benar bermanfaat, bermartabat, dan profesional. Prof. Dr Abdullah, M.Si, sebagai Dekan sekaligus dosen pamong praktikum khutbah dan ceramah memberikan arahan bahwa target dari praktikum khutbah dan ceramah adalah semua mahasiswa FDK UINSU siap untuk berdakwah melalui khutbah maupun ceramah di masyarakat.

Sekaligus informasi berita membahagiakan bagi seluruh mahasiswa FDK UINSU pada kesempatan itu pula Dekan FDK UINSU menginformasikan bahwa telah dibentuk Komunitas Public Speaking yang langsung berada dalam binaan Dekan dan dikoordinatori oleh Kepala Laboratorium FDK UINSU. (Tim IT FDK)