Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2016-04-19 | Waktu : 09:28:37
BPI : Workshop Konseling Islami Terhadap Pasien Rumah Sakit

Rabu, 13 April 2016, Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) melaksanakan workshop konseling islami. Ketua Prodi BPI Drs. Abdurrahman, M.Pd, dalam laporannya menjelaskan bahwa workshop ini secara khusus dipersiapakan untuk membentuk karakter profesional mahasiswa dalam bidang penyuluhan, salah satunya adalah profesi  bimbingan rohani Islam di rumah sakit. Workshop ini dibuka secara resmi oleh Dekan FDK dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan 1 Dr. M. Yakub, MA. Dalam arahannya beliau mengemukakan bahwa setiap mahasiswa FDK harus dapat menguasai kompetensi mayaor dan minor, oleh sebab itu mahasiswa BPI sebagai peserta diharapkan dapat menguasai kompetensi dalam bidang dakwah maupun secara khusus jurusaan yang sedang ditempatinya saat ini. Peserta workshop ini adalah mahasiswa BPI semester VI sebanyak 80 orang. Hadir dalam acara pembukaan seluruh ketua jurusan se lingkungan FDK UIN SU dan para dosen.

Acara workshop dibagi ke dalam dua sesi. Sesi I yang menjadi narasumber adalah Drs. Asqelani Pulungan, M.M., beliau merupakan pembimbing rohani dari Rumah Sakit Umum Haji Medan, dan dipandu oleh moderator Rizky Andana Pohan, S.Sos.I, M.Pd. Pada sesi ini materi yang diberikan bertemakan “Pelaksanaan Bimbingan Rohani di Rumah Sakit”.

Pada sesi II yang menjadi narasumber adalah Prof. Dr. Lahmuddin Lubis, M.Ed., beliau merupakan Guru Besar Ahli dalam bidang bimbingan dan konseling islami FDK UIN SU, dan dipandu oleh moderator M. Putra Dinata Saragi, S.Sos.I, M.Pd. Pada sesi ini materi yang diberikan bertemakan “Metode Bimbingan dan Konseling/ Terapis Islami Pada Pasien Rumah Sakit”.

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dengan workshop ini ditandai dengan banyaknya tanggapan yang diberikan pada saat diskusi di setiap sesinya. Harapan mereka agar workshop ini terus berkelanjutan diadakan sehingga dapat mengasah dan membekali pengetahuan mahasiswa,  dengan demikian diharapkan akan terjadi persinggungan linier antara materi perkuliahan dengan aplikasi di tempat bekerja nantiya. (Tim IT FDK)